Selayang Pandang

Jurusan Tadris Bahsa Inggris (TBI) di bawah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon merupakan program studi yang fokus pada pendidikan dan pengajaran pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Tadris TBI mengintegrasikan kajian Linguistik, keterampilan bahasa Inggris, pedagogy, riset dan sastra.

Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris dipersiapkan menjadi pendidik profesional yang tidak hanya menguasai materi bahasa Ingris secara komprehensif, tetapi juga mampu menerapkan nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran. Lulusan diharapkan memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Tadris TBI dengan moto Excellent, Humble, dan Care.

Kurikulum dan Mata kuliah

Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon menyusun kurikulum berdasarkan analisis SWOT,  tracer study dan market signals, dengan mengangkat Pola Imiah Pokok UIN SSC, yaitu siber (Cyber Islamic University) sebagai penciri yang membedakan dengan Prodi sejenis di perguruan tinggi lain. Bahan kajian Program Studi : Tadris Bahasa Inggris dibangun dari ciri khas (distingsi) Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon dan pembentukan sikap da tata nilai. Bahan kajian dalam Kurikulum Program Studi Tadris Bahasa Inggris Terdiri dari bahan kajian pada pokok bidang Ilmu linguistik, keterampilan bahasa Inggris, Pedagogik, riset, dan sastra.

Dalam program studi: Tadris Bahasa Inggris Ini dimana kajian materi dan proses pembelajaran merupakan perhatian yang sama pentingnya untuk dikembangkan, maka aspek penelitian juga meliputi penelitian berbasis siber. Bahan kajian dalam penelitian ini meliputi: 1) Statistik, 2) Metode penelitian, 3) Penulisan karya ilmiah. Adapun yang menjadi bahan kajian program Studi adalah :

          1. Inti Keilmuan:
            • Linguistik
            • Keterampilan Bahasa Inggris
            • Pedagogik
            • Sastra
          1. Kemampuan Penelitian:
            • Statistik
            • Metode penelitian
          1. Ciri Perguruan Tinggi:
            • Moderasi
            • Cyber Culture
            • Cirebon Studies
            • Bahasa
            • PPTQ

Keunggulan Jurusan Tadris Bahasa Inggris

Pembelajaran Digital dan Fleksibel

Prodi Tadris Bahasa Inggris memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Perkuliahan didukung oleh e-learning interaktif, sumber bacaan digital, serta layanan akademik daring yang responsif.

Integrasi Keilmuan Bahasa Inggris dan Nilai Keislaman

Kurikulum dirancang untuk mengintegrasikan keilmuan dengan nilai-nilai Islam. Mahasiswa dibimbing untuk mengembangkan perspektif keislaman yang moderat dalam memahami dan menganalisis realitas sosial.

Pendekatan Interdisipliner dan Kontekstual

Prodi Tadris Bahasa Inggris menerapkan pendekatan interdisipliner dalam proses pembelajaran. Mahasiswa diajak mengkaji isu-isu pendidikan secara holistik dan kontekstual, baik dalam skala lokal maupun global, dengan menyesuaikan kebutuhan pendidikan abad ke-21.

Penguasaan Media Pembelajaran Digital

Mahasiswa dibekali kemampuan untuk merancang dan menggunakan media pembelajaran digital berbasis Bahasa Inggris, seperti video edukasi, infografis interaktif, peta digital, dan aplikasi berbasis data sosial, guna menunjang proses mengajar yang efektif dan menarik.

Dosen Kompeten dan Jejaring Profesional Luas

Didukung oleh dosen yang kompeten dan berpengalaman dalam bidang ilmu sosial dan pendidikan, serta aktif dalam riset, pengabdian masyarakat, dan kolaborasi dengan sekolah, lembaga sosial, dan komunitas literasi. Mahasiswa juga berkesempatan mengembangkan jejaring akademik di tingkat nasional dan internasional.

Prospek Karier

Lulusan Jurusan Tadris Bahasa Inggris memiliki peluang karier yang cukup luas, baik di dunia pendidikan maupun di luar pendidikan. Berikut beberapa prospek kariernya:

Profil utama lulusan Program Studi Tadris Bahasa Inggris adalah sebagai pendidik mata pelajaran Bahasa Inggris pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK), peneliti, dan pengembang bahan ajar Bahasa Inggris yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

    • Pendidik/Guru Bahasa Inggris

Menjadi pendidik/guru bahasa Inggris yang profesional pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang menguasai materi Bahasa Inggris dengan baik dan mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan bahasa, serta mampu menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan pendidikan bahasa Inggris dan pembelajarannya

    • Asisten Peneliti Pendidikan

Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang Pengajaran Bahasa Inggris yang berintegritas dan mampu menganalisis fenomena dalam pendidikan bahasa dan kebahasaan serta mampu melaporkan hasil penelitiannya dalam bentuk laporan ilmiah.

    • Pengembangan Bahan Ajar

Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

 

Scroll to Top