Mahasiswa TBI Menjadi Rarasumber Webinar Bisnis dan Pelatihan Desain Produk Di Universitas Majalengka

Dalam rangka merespon dunia bisnis yang semakin didorong untuk merambah platform digital, Universitas Majalengka gelar acara Webinar Bisnis dan Pelatihan Desain Produk. Acara yang mengusung tema “Membangun Kreativitas Bisnis Online dalam Segmen Pemasaran dan Transaksi Digital di Era New Normal” ini diselenggarakan selama dua hari, yaitu Rabu 5 Agustus hingga Kamis 6 Agustus 2020, melalui Zoom dan Whatsapp group.

Di hari pertama dibahas mengenai cara menemukan peluang bisnis dan panduan transaksi digital di era new normal. Materi pertama disampaikan oleh Eli Ahmad Mahiri, S.E., MM salah satu dosen di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka. Topik peluang bisnis dipilih untuk mendorong generasi muda menjadi seorang entrepreneur. Sementara itu materi kedua dibawakan oleh Fajar S. Ramdhani Kepala Perwakilan LinkAja area Cirebon. Sebagaimana yang telah diketahui bersama, di era pandemi seperti sekarang ini penggunaan platform digital untuk memudahkan berbagai keperluan semakin nampak signifikansinya. Termasuk dalam hal transaksi keunagan, baik produsen maupun konsumen barang dan jasa didorong untuk beralih ke transaksi digital. Selain untuk menghindari penyebaran wabah covid-19, penggunaan transaksi digital juga dapat mempermudah dan mempercepat proses transaksi sehingga pengembangan bisnis pun semakin cepat.

Di hari kedua, acara difokuskan pada pelatihan desain untuk pemasaran produk. Sesi pelatihan ini dibawakan oleh Rifky Anggari, S.Pd yang merupakan alumni jurusan Tadris Bahasa Inggris IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pada sesi ini para peserta pelatihan mula-mula diperkenalkan pada prinsip-prinsip dan elemen dasar desain grafis. Menurut Angga (sapaan akrab Rifky Anggari), sebelum belajar membuat desain yang baik untuk mempromosikan sebuah produk, kita harus memahami pola pikir seorang desainer terlebih dahulu. Dengan menggunakan mindsetyang benar, seorang desainer akan mampu menciptakan karya desain yang bernilai estetika sekaligus berfungsi sesuai tujuan pembuatannya. Kaitannya dengan bisnis di era digital, para pemilik usaha harus bisa mempromosikan produknya di dunia maya dengan tampilan yang menarik dan memancing viewers untuk membeli produknya. Di sinilah desain grafis berperan penting dalam kesuksesan bisnis di era pandemi yang tak dapat dipisahkan dari dunia digital.

 

Penulis adalah seorang penerjemah lepas

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top