E-Con (English Contenst) 2019 Resmi Digelar Oleh Jurusan TBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon

E-Con E-Con 2

English Departement Student Association (EDSA) atau HMJ Tadris Bahasa Inggris IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan E-Con (English Contest) 2019, Selasa (1/10). Acara pembukaan ini berlangsung di gedung ICC IAIN Syekh Nurjati dan diikuti oleh peserta E-Con sebanyak 111 orang.

E-Con sendiri merupakan salah satu program kerja EDSA yang dilaksanakan rutin setiap tahun. Adapun rangkaian kegiatannya antara lain Speech Contest, Debate, Essay & Story Telling. Pesertanya pun beragam mulai dari jenjang SMP hingga Universitas sesuai ketentuan lomba yang ada. Peserta yang hadir sebagian besar berasal dari wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan). Namun ada beberapa peserta berasal dari Tasikmalaya dan Subang.
Acara ini dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Dr. H.Tedi Rohadi, M.Pd Kemudian dilanjutkan dengan penampilan tari dari Srikandi Adwitya dan One Day Dance EDSA.

E-Con digelar selama 4 hari yakni dimulai dari tanggal 1 hingga 4 Oktober 2019 (Selasa-Jumat) dan lokasi perlombaan yang bertempat di 3 tempat berbeda yakni ICC, Auditorium FUAD dan ruang kelas Pasca Sarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Acara E-Con kali ini mengusung tema yaitu “Shaping the Excellent Character and the Briliant Quality of Yaouth in the Era of Industry 4.0”

Hari pertama E-Con diisi dengan Opening Ceremony, Debate for Senior High School yang diikuti oleh 16 tim, Story Telling for Junior High School yang diikuti oleh 23 peserta, dan Speech for University yang diikuti oleh 9 peserta.

Hari kedua E-Con diisi dengan Speech for Senior High School yang diikuti 57 peserta, Essay for University yang diikuti oleh 4 peserta dan Debat for Senior High School.

Ketua umum EDSA, Muhammad Alwan berharap, event ini dapat menjadi sarana menjaga tali silaturahmi dan menjadi wadah penyaluran bakat siswa-siswi & mahasiswa se-Jawa Barat dalam bidang Bahasa Inggris, yang tentu akan dibutuhkan di masa yang akan datang.

“Event ini dapat menjadi sarana menjaga tali silaturahmi dan menjadi wadah penyaluran bakat siswa-siswi & mahasiswa se-Jawa Barat dalam bidang Bahasa Inggris,” ujar Alwan.

Sedangkan, Ketua pelaksana Fattah Ali Andrio menyampaikan, acara ini bertujuan sebagai fasilitas dalam mengasah kreativitas dan bakat siswa-siswi, serta mahasiswa dalam bidang Bahasa Inggris.

“acara ini bertujuan sebagai fasilitas dalam mengasah kreativitas dan bakat siswa-siswi, serta mahasiswa dalam bidang Bahasa Inggris,” ungkap Fattah.

Fattah berharap semoga acara ini dapat berjalan sukses dari hari pertama hingga hari terakhir.

WhatsApp Image 2019-10-16 at 15.22.26 WhatsApp Image 2019-10-16 at 15.58.02

Selain itu, kegiatan E- Con yang berskala regional ini diharapkan menjadikan pengalaman bagi mahasiswa, khususnya pengurus EDSA. Dr. H. Tedi, M.Pd juga berharap agar para pengurus EDSA ini nantinya bisa membuat kegiatan serupa dengan skala nasional bahkan internasional.

“Harapan pertama kita siapkan mereka juga untuk memanage event setingkat Jawa Barat. Sebab nantinya akan ada event yang lebih besar lagi. Nah ini sebagai langkah awal untuk menuju kegiatan yang lebih besar baik skala nasional maupun internasional,” katanya.

E- Con West Java ini sendiri juga diharapkan bisa melatih dan membentuk mental siswa dan mahasiswa yang akan bertanding. Nantinya, para siswa dan mahasiswa juga diharapkan akan mempunyai mental pemenang dan mental juara. Siswa dan mahasiswa dinilai akan mempunyai mental yang kuat melalui arena atau gelanggang kompetisi yang ketat.

Ketua EDSA IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Mohamad Alwan mengatakan kegiatan E- Con ini sejatinya untuk melihat potensi siswa dan mahasiswa, terutama di bidang story telling. Dengan adanya kegiatan ini, Alwan berharap agar nantinya bisa mencetak dan mengasah kemampuan siswa dan mahasiswa dalam menggunakan bahasa inggris.

“Karena ini sangat diperlukan apalagi di era industri 4.0 ini. Jadi mahasiswa juga jangan sampai ketinggalan dengan zaman,” kata Alwan. (C-18)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top