English Department Student Association (EDSA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengadakan Cadre Recruitment 2022

 

English Department Student Association (EDSA) melakukan pengkaderan untuk mencari kader mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggri IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang akan meneruskan estafet kepemimpinan EDSA. Acara ini dinamakan Cadre Recruitment 2022 yang dinakhodai oleh saudari Alviyah Nuruhshofi. Proses Cadre Recruitment ini melalui beberapa tahap. Tahap pertama regitrasi (pendaftaran + pengumpulan berkas + input data) dilanjut interview 1 lalu interview II yang diakhiri puncak Cadre Recruitment 2022 di Bumi Perkemahan Sidomba Kuningan.

  1. Registrasi Peserta

Pendaftaran dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama dilakasanakan 25-31 Oktober 2021 untuk gelombang 2 yakni 1 – 4 November 2021. Adapun syarata untuk verifikasi data yalni: mengisi form pendaftaran yang diwajibkam untuk melampirkan CV calon penguru EDSA, KTM atau KT, pas foto 3×4 backround merah, sertifikat OMB Jurusan dan membuat pre test berbentuk essay berupa pandangan organisasi dan EDSA berdasarkan pengetahuan atau pengalaman dan cara pandang masing-masing.

  1. Interview I

Bagi peserta yang telah mengikuti data verification dapat mengikuti tahap interview I pada 6 November 2021 di Ma’had Lama Al-Jami’ah lantai 1. Check in peserta dimulai 08.30 WIB. Panitia briefing pukul 09.15 WIB dan interview berlangsung pukul 09.35 – 11.09 WIB. Dilanjut dengan ISHOMA panitia CR. Pukul 14.37 WIB panitia melakukan penghisaban di kediaman saudari Najuba salah satu pengurus EDSA. Pukul 16.13 WIB panitia break untuk mlakanakan shalat ashar kemudian dilanjut kembali pukul 16.57 WIB lalu break di 18.08 untuk ISHOMA . pukul 19.42 – 21.28 WIB penghisaban interview I ssampai selesai. Pada 8 Novemeber 2021 pukul 06.00 WIB panitia mengumumkan peserta yang lolos ke tahap selanjutnya.

  1. Interview II

Peserta yang lolos interview I melanjutkan ke tahap interview II yang dilaksankan pada Rabu, 17 November 2021 di ruang TBI 5,7,8 yang dimulai check in pada 08.30 WIB. Setelah briefing, interviewer menempatkan diri di tepat masing – masing. Interview II berangsung oukul 09.10 – 13.35 WIB. Dilanjut ISHOMA panitia. Pada pukul 14.28 WIB panitia memulai penghisaban di ruang kelas TBI 7 pukul 18.07 WIB menghasilkan nama-nama yang lolos ke tahap selanjtnya yang diumumkan pada 18 November 2021 pukul 07.37 WIB.

  1. Cadre Recruitment 2022

Menuju puncak CR 022 panitia mengadakan Technical Meeting terlebih dahulu untuk memperkirakan perapan persiapan peserta dan mentoring pada Selasa, 30 November 2021 di ruang TBI 7. Pada Jum’at 10 Desember 2021 pukul 07.30 WIB check in panitia lalu peserta check in pukul 08.00 – 09.00 WIB yang dipandu oleh saudari Indy Rahmadini.  Pukul 09.38 WIB opening ceremonyn dimulai yang dipandu oleh Nina Salsabila dan Teti Letari. Dibuka oleh lantunan ayat suci al-Qur’an yang dibawakan oleh saudari Maylu Sakinah yang telah  membacakan surat al-fath ayat 450 . dilanjut  menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars EDSA yang dikonduktori oleh Khoirum Deviana. Selanjutnya sambutan pertama oleh Ketua Pelaksana saudari Alviyah Nurushofi sambutan kedua oleh Ketua umum  saudara Fajar Novtian dan sambutan terakhir oleh Ketua Jurusan Dr. Teddy Rohadi, M.Pd. sekaligus membuka acara yang dihantarkan dengan do’a yang dipimpin oleh saudari Hanifah Amini lalu ditutup oleh  pembawa acara saudari Nina Aulia dan Teti Lestari. Pukul 10.15 WIB sesi mentoring dengan membuat lingkaran regu masing-masing bersama mentor di halaman pasca sarjana. Dilanjut ISHOMA. Pukul 14.27-15.59 WIB peserta berangkat menuju Bumi Perkemahan Sidomba Kuningan. Sesampainya di Gedung Serbaguna Sidomba peserta segera melaksanakan shalat ashar. Pukul 16.40 – 17.15 dilanjut materi Event Organizer yang dibawakan oeh saudara M. Hadi Fadhilah  yang dimoderatori oleh saudari Ita Erlita dilanjut materi moral dan etika oleh saudari Nur Alfath Dayana Sari yang dimoderatori oleh saudari Salwa Ghufrotin Nida sampai pukul 18.15 WIB. Selanjutnya shalat maghrib berjamaah. Pada pukul 18.25 WIB peserta sudah kumpul untuk PBB dan inspeki. Pukul 20.05 – 20.18 WIB makan malam. Dilanjut shalat isya berjamaah. Selanjutnya materi kepemimpinan dan Organisasi oleh Saudara Fajar Novtian yang dimoderatori oleh Tsalisa Roudhatul J. Pukul 20.25 – 21.18 WIB. Disambung pengenalan divisi dengan urutan OAD, IT, EP, PD, PR, FOC. Ditutup oleh BPH pukul 22.26 WIB. Setelah itu peserta diberi waktu ke kamar mandi, pada pukul 22.35 WIB semua lampu di are tidur dimatikan. Pukul 22.40 – 23.53 WIB di dalam masjid At Tin Sidomba panitia melakukan evaluasi kegiatan yang sudah dilakukan sekaligus briefing untuk acara esok hari. Pukul 03.30 WIN panitia dan peserta sudah mulai dibangunkan untuk persiapan shalat subuh. Pukul 04.08 – 04.26 WIB shalat subuh berlangsung diakhiri kultum dan sharing yang dipimpin oleh saudara Idan Fakhry dan Hanifah Amini. Pukul 05.00 WIB peserta dikumpulkan di lapangan untuk senam bersama yang diinstrukturi oleh divisi IT. Pukul 06.30 WIB pengenalan mars EDSA yang dipimpin oleh audari Tsalisa Roudhotul J, sedangkan panitia briefing untuk hiking dipimpin oleh saudari Hanifah Amini. Pukul 07.00 WIB apel pagi dilanjut sarapan pukul 07.05 WIB selanjutya persiapan hiking yang dimulai pukul 07.45 WIB dengan urutan perjalanan sesuai urutan kelompok terbaik. Pukul 12.25 WIB usai sudah rangkaian hiking, peserta diberi waktu untuk ISHOMA. Pukul 13.15 WIB peserta CR pembentukan karakter oleh korlap dan seksi keamanan. Dilanjut tidur siang yang dibangunkan pukul 15.15 WIB untuk shalat berjama’ah. Pukul 15.45 – 16.45 WIB pemaparan materi KeEDSAan oleh saudara M. Alwan, S.Pd. yang dimoderatori oleh saudari Septia Wulandari. Dilanjut sesi mentoring untuk persiapan penampilan. Selanjut shalat maghrib berjama’ah pukul 17.55 – 18.25 WIB. Dilanjut PBB yang dpiimpin korlap sampai pukul 19.05 WIB lalu makan malam yang dilanjut shalat isya. Pukul 20.15 WIB penampilan berlangsung yang diawali oleh upacara penyulutan api unggun. Yang ditutup dengan apel malam pada pukul 22.40 WIB yang dilanjut dengan evaluasi dan briefing panitia. Pukul 00.54 WIB peserta dibangunkan untuk JJM yang diberi bekal satu potong lilin. Selanjutnya games dimulai pukul 07.00 WIB dilanjut dengan sarapan lalu apel pagi. Pukul 09.47 WIB interview III berlangsung. Dilanjut dengan beberes untuk persiapan pulang dan  shalat dzuhur berjama’ah. Pukul 12.40 WIB gladi untuk upacara pengukuhan pengurus baru sekaligus closing ceremony lalu pengumuman lomba-lomba antar regu juga mentor terbaik. Penampian terbaik diraih regu Andromeda, yel-yel terbaik dimenangkan oleh regu Apollo, regu terbaik jatuh kepada Celestial, dan mentor terbaik dinobatkan kepada saudari Sukmawati. Pukul 13.40 WIB upacara pengukuhan pengurus baru sekaligus closing ceremony dimulai dilanjut dengan sesi foto bersama. Pukul 14.10 WIB peserta dan panitia mulai melakukan perjalanan pulang menuju kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Scroll to Top